RAHASIA ILLAHI UNTUK SEPASANG KEKASIH

Dalam perjalanan satu malam dari Ternate menuju Pulau Bacan, dengan menggunakan kapal ferry, kami berangkat jam 9 malam dengan tiket Rp100.000 untuk mendapatkan tempat tidur, saya bertemu dengan sepasang kekasih. Perempuannya dari Ambon, dan sang lelaki dari Pulau Bacan. Waktu itu si perempuan sakit perut, perut bagian bawahnya kesakitan, aku pikir usus buntu karena sudah merasa sakit hamper 2 bulan dan aku sudah menanyakannya pada temanku yang dokter. Makanya aku wanti-wanti untuk segera diperiksa ke dokter. Setelah bak pahlawan aku menasihati demikian dan aku beri minyak kayu putih untuk meredakan sakitnya (setidaknya rasa sakit akan tertutupi rasa hangat minyak kayu putih), tiba-tiba temanku sms, sebelah kiri apa sebelah kanan, kalo sebelah ….… berarti bukan usus buntu, maaakkk diagnosis salah, sudah deh, pura-pura tidur saja. Syukurnya semalaman dalam perjalanan itu sang perempuan tidak apa-apa. Cinta pertama, sang lelaki hendak mengenalkan perempuannya yang datang jauh-jauh dari Ambon menuju Ternate untuk dikenalkan orang tuanya yang di Bacan melalui waktu di kapal 9 jam (saya tidak bertanya di mana mereka bertemu).

Dalam perjalanan mobil arah Bintaro-Condet setelah melayat mbah kakung ahsan, bulikku menceritakan sebuah kisah cinta yang, tidak dapat dilukiskan dan dicarikan padanan katanya. Semua rasa dan warna tercampur dalam kisah ini. Terkisah sang perempuan dan sang lelaki berkenalan sejak SMU, menjalin cinta nanindah, kedua keluarga sudah sangat bahagia. Namun suatu hari, sang perempuan terkena serangan jantung. Serangan jantung di usia yang begitu muda, sekitar 20-an. Saya tidak tahu apa sebab serangan jantung tersebut dan apa yang dirasakan sang perempuan dan sang lelaki mendapati kenyataan ini, yang saya tahu adalah, ayah sang perempuan jatuh sakit, sakit karena berpikir bahwa sang lelaki akan meninggalkan putrinya setelah mengetahui kondisi sang perempuan. Namun ternyata, sebuah bisikan diucapkan di telinga sang ayah, “Bapak, putrimu sudah dilamar, hari H dia akan menikah dengan calon menantu kesayanganmu”. Bisikan ini adalah bisiskan terakhir, karena setelah itu, sang ayah meninggal dengan bahagia. Pascakematian sang ayah, pernikahanpun digelar. Jangan dianggap pernikahan berjalan mulus, karena sang lelaki mendapatkan tantangan keras dari kakak tertua yang telah menjaganya selama ini setelah kedua orang tuanya meninggal.

Sejak pernikahan itu, hidup susah senang dijalani berdua, hingga terlahirlah 3 orang anak laki-laki yang indah. 3 malaikat yang amat sangat tidak mungkin dilahirkan oleh penderita jantung. Dalam perjalanan waktunya, setelah semua putranya besar dan mandiri, Allah mencukupkan bonus waktu yang telah diberikan pada sang perempuan. Allah begitu mencintainya sehingga Dia ingin segera bertemu kekasihnya. Dalam suatu sore di penghujung hari Jumat, sang lelaki mengalami sakit perut hebat, dan diujung tempat yang lain, sang perempuan menyongsong kekasihnya yang Abadi.

Duhai Allah, lapangkanlah segala hal untuk sang perempuan dan berilah kemudahan di dunia untuk sang lelaki dan 3 putra mereka.

Satu kisah lagi ingin aku ceritakan, persiapan pernikahan telah digelar di dua tempat, Jakarta dan Pulau Toboti, Papua. Tinggal menghitung hari 9 November 2008. Namun di malam tanggal 7, waktu terasa berhenti, TIDAK ADA PERNIKAHAN.

Pernikahan Ambon-Papua dengan latar belakang budaya yang hampir sama dan dari latar belekang kristiani yang mirip, namun berbeda secara prinsipil. Pernikahan batal karena kedua pengantin dan keluarga berbeda mazhab kristianinya.

Tidak tahu bagaimana rasanya, dan apa yang akan dilakukan oleh keduanya, namun…saya hanya bisa berjanji akan menuliskan ceritanya.

Jakarta, 8 November 2008…mentari pagi yang berwarna kuning, menyinari kamarku pagi ini, diiringi denting, tentang seseorang, dan I’m Falling in love dari Melly.

One response to “RAHASIA ILLAHI UNTUK SEPASANG KEKASIH

  1. Sungguh menarik ceritanya walaupun saya tidak dapat memahami beberap frasa dalamnya kerana masalah bahasa Malaysia dan Indonesia, namun itu bukan masalah besar untuk memahami keseluruhan cerita.

    Harap dapat diteruskan lagi penulisan yang kreatif ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s