Panas Bumi 2

Teman-teman sipil tidak sedikit yang terjun di dunia konstruksi dan energy khususnya oil dan gas. Dari segi keilmuan menjadi konsultan atau mengerjakan proyek konstruksi di bidang ini sangan menantang dan menyenangkan. Terlebih lagi peluang masih terbuka lebar karena Indonesia masih kaya akan kedua jenis barang berharga ini.

Selain oil dan gas, dan tentu saja jenis pertambangan lainnya ada satu jenis tambang yang bias diperhitungkan, yaitu panas bumi. Sebagai salah satu bentuk energy yang bias dikembangkan panas bumi belum banyak berbicara di kancah energy Indonesia. Padahal sumber enrgi ini tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia kecuali Kalimantan (gunung tua). Dengan demikian pengusahaan energy ini akan dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar minyak dan batubara sebagai konsumsi energy.

Sebagai gambaran, dari total 256 titik panas bumi, baru 5-6 potensi panas bumi yang diusahakan di Indonesia. Jika mendengar PLTP atau PLTPB itu adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang berarti memanfaatkan potensi panas bumi untuk kelistrikan. Selain sebagai listrik, panas bumi juga dapat dimanfaatkan secara langsung bahkan untuk skala rumah tangga (jika memang ada teknologi aplikabel yang sesuai dengan budaya masyarakat) energy ini bias lebih luas kegunaannya.

Selama ini perkembangan panas bumi baru menjadi hak prerogative Pertamina dan beberapa perusahaan asing yang mendapatkan kontrak, namun masih terbuka lebar kesempatan untuk turut serta mengembangkan energy negri ini. Dari segi teknik sipil, memang terasa kurang menyentuh, namun sama halnya dengan bidang lainnya, yang merupakan lingkaran system kepala berlatar belakang ilmu berbeda-beda, panas bumi juga memerlukan otak teknik sipil. Secara konstruksi tentu saja ilmu sipil sangat diperlukan.

Alumni sipil sepertinya yang telah berkecimpung di dunia ini cukup banyak, dari obrolan civeng beberapa waktu lalu, dan mungkin generasi muda sipil berikutnya, cobalah melirik salah satu energy ini menjadi peluang untuk bekerja.

Selain dari sisi energy dan konstruksi, panas bumi ini sangat cocok dengan tema Teknik Sipil dan Lingkungan yang menjadi nama jurusan kita, karena panas bumi emisinya sangat rendah dan merupakan energy terbarukan.

JIka baru 6 lokasi yang diusahakan, artinya masih ada 250 lokasi yang belum diusahakan, jika 10 saja kita bias berkontribusi? Bersiaplah, semoga tantangan ini juga menghampirimu, kita.

2 responses to “Panas Bumi 2

  1. Zul, kira2 kalo PLTPB kaitannya ke geoteknik ada ngga ya? apa misalnya konduksi panas dari pipa ke tanah sekitar cukup tinggi? ada kasus ga? trims.

  2. kalau kasus konduksi begitu belum pernah dengar, tapi kalau kasusu ledakan pipa karena tekanan dan korosi (akibat asam), ada (Dieng).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s