DESA IDAMDEHE DAN DESA IDAMDEHE GAMSUNGI

Desa paling ujung adalah arti bebas dari Idamdehe, karena posisinya yang benar-benar di ujung kampUng, karena setelah desa ini yang ada hanyalah hutan dan gunung. Sedangkan Idamdehe Gamsungi, penambahan gamsungi berarti baru, artinya desa paling ujung baru. Desa idamdehe Gamsungi terbentuk dari keluarga-keluarga yang hidup secara terpisah-pisah di hutan, kemudian di lokalisir di sebelah desa idamdehe, maka dari itu desa tersebut diberi nama tambahan gamsungi.

Kedua desa ini bersebelahan, bahkan tidak akan ada yang tahu kalo perkampungan desa tersebut terbelah dua oleh batas desa. Ya, desa paling ujung ini terletak di dalam kawah mati gunung Jailolo

 

Agustus ini, karena sebuah kebetulan, aku menginjakkan kaki di desa yang hanya aku tahu namanya dari literature. Pencapaiannya cukup mudah, dari pelabuhan Jailolo, bisa charter mobil seharian dengan tariff berkisar 300ribu rupiah untuk menuju desa tersebut. Jalanan sudah aspal, tapi memang agak berkelok-kelok. Kendaraan umum atau angkot juga ada, sekali jalan 20ribu (harga segini untuk masyarakat desa ya cukup memberatkan).

Di hari pertama kunjunganku ke sana, ak terkesima dengan kampong desa yang begitu asri, rumah dengan halaman depan penuh bunga, ada satu bunga yang menarik hatiku, bunga maria, mirip bunga sepatu, tapi daunnya kecil-kecil. Bunga ini kl pagi berwarna putih kl sore menjadi merah. Di tengah perbincangan bunga ini, di kanan kiri ku beriringan berjalan kepala desa Idamdehe dan Idamdehe Gamsungi, dan berceriteralah mereka masa-masa suram konflik tahun 1999-2000. Syukurlah tahun 2003 mereka bangkit dan membangun kembali infrastruktur yang hancur. Seketika bulu kudukku berdiri, membayangkan bagaimana bisa kampong yang adem ayem berkelahi dan membakar kampong dengan beringasnya…Allah, lindungilah kami.

 

Desa Idamdehe dan Desa Idamdehe Gamsungi

Desa Idamdehe dan Desa Idamdehe Gamsungi

 

 

 

 

 

 

 

5 responses to “DESA IDAMDEHE DAN DESA IDAMDEHE GAMSUNGI

  1. saya asal dari desa idamdehe…….saya terkesan atas informasi yang telah saudarah sampaikan atas desa saya trims………

  2. habis membaca informasi di atas, saya jadi tambah pingin ke Idamdehe..
    tempat asal papa,oma dan opa saya..

  3. Trims sodara tlh menyampaikan info ttg desa qu, desa tempatku dibesarkan. skrg domisili ku adalah jkt.

  4. ALM. Yakop Togolobe dengan Rut Idam
    mempunyai anak
    Marta Togolobe menikah dengan Jonas Fara
    mempunyai anak
    Robinson Missi dan Menikah dengan Allan syani beolado
    mempunyai anak
    Rollan missi dan Chelsea Missi

  5. SUNGGUH TERHARU,,,MEMBACA TULISAN ANDA..SEBAGAI PUTRA DESA IDAMDEHE SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA… SAYA SENDIRI SUDAH LAMA MENINGGALKAN KAMPUNG HALAMAN KU YANG ASRI ITU…SKARANG SAYA SANGAT RINDU UNTUK UNTUK PULANG MENIKMATI KEINDAHYAN DESA IDAMDEHE… SKALIGUS BERSILATURAHMI DENGAN KELUARGA B ESARKU DISANA…INGIN BERCERITA,,, BERBAGAI PENGALAMAN DENGAN SAUDARA2KU… BERNOSTALGIA MASA LALUKU BERSAMA TEMAN 4O TAHUN YANG LAMPAU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s